Rabu, 10 September 2008

Penentuan KKM kls X

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
NAMA SEKOLAH : SMA NEGERI 2 SUBANG
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : X/1
TAHUN PELAJARAN : 2009-2009
NO KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR KRITERIA KKM
65
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE SISWA
1 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita ) 65
• Menuliskan isi siaran radio/televisi da¬lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
• Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
• Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat 2

2

1 2

2

2
2

2

2 66.7

66.7

55.7


2 1.2 Mengidentifi kasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik)
suatu cerita yang disampai kan secara langsung/ melalui rekam¬an 65
• Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.)
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman 2

2

2 3

2

2 2

2

1
77.7

66.7

55.7



3 2.1 Memperkenal-kan diri dan orang lain di da¬lam forum resmi dengan intonasi yang tepat 65
• Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
• Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat
• Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
• Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang pas 2


2


2 2


2


2 2


2


1 66.7


66.7


55.7


4 2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku 65
• Mencatat masalah dari berbagai sumber
• Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
• Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan
• Mendaftar kata-kata sulit 2
2
2

2 2
2
2

2 2
1
1

2 66.7
55.7
55.7

66.7



5 2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan
kata dan ekspresi yang tepat 65
• Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
• Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman 2


2 2


2 2


1 66.7


55.7




6 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) 65
• Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
• Menemukan ide pokok
paragraf dalam teks
• Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut 2
2

1 2
2

2

2
2

1 66.7
66.7

44.4



7 3..2 Mengidentifi kasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif 60
• Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
• Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
• Mengidentifikasi fakta dan pendapat 1
1

2 2
2

2 2
2

2 55.7
55.7

66.7





8 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif 63
• Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
• Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
• Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
• Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
• Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif 2

1

1

1

2 2

2

2

3

3 2

2

2

1

2 66.7

55.7

55.7

55.7

77.7





9







4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif 60
• Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
• Menyusun kerangka paragraf deskriptif
• Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif
• Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif
• Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman

4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif 2

1
1

2
1 2

2
3

2
2 2

2
1

2
1 66.7

55.7
55.7

66.7
55.7


60
10 • Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif
• Menyusun kerangka paragraf ekspositif
• Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif
• Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
• Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman 2

1
1

2

1 2

2
3

2

2 2

2
1

2

1 66.7

55.7
55.7

66.7

55.7



11 5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
78
• Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
• Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan 2

2 3

3 2

2 77.7

77.7
12 5.2 Mengungkap kan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman 67
• Menyebutkan tema puisi yang didengar
• Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
• Menjelaskan maksud puisi
• Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri 2
3

2 2
2

3 2
1

1 66.7
66.7

66.7
13 6.1 Mengemuka kan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi 74
• Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
• Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
• Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca 2

2

2 2

3

3 2

2

2 66.7

77.7

77.7
14 6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi 60

• Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
• Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
• Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen 2
2

2 2
2

2 1
2

1 55.7
66.7

55.7


15






16 7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat. 63
• Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
• Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
• Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari 2

2

2 2

2

2 1

2

2 55.7

66.7

66.7
66.7
• Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca
• Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari
2

2 2

2 2

2 66.7

66.7
17 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima 70

• Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
• Membedakan bentuk pantun dan syair
• Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
• Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman 2

3
2

2 2

3
2

2 2

2
2

1 66.7

88.8
66.7

55.7
18 8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima 63
• Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
• Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
• Menyunting puisi baru yang dibuat teman 2

2

2 2

2

2 2

2

1 66.7

66.7

55.7
19 9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung 63
• Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
• Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
• Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas 2

1

2 2

2

2 2

2

2 66.7

55.7

66.7
20 9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan) 63
• Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
• Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas
• Menyimpulkan isi informasi yang didengar 2

2

2 2

2

2 2

2

1 66.7

66.7

55.7
21 10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik 67
• Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
• Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
• Memberikan kritik dengan disertai alasan 3

2



2 2

2



2 2

1



2 77.7

55.7



66.7
22 10.2 Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
70
• Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
• Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
• Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an)
3

2



2
2

2



2 2

2



2 77.7

66.7



66.7
23 11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai 63
• Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk
• Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
• Membahas rangkuman yang telah dibuat 2

1

2 2

2

2 2

2

2 66.7

55.7

66.7
24 11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan
atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai 67
• Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
• Merangkum isi informasi dari suatu tabel/ grafik 2 2 2 66.7
25 12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif 2 2 2 72
• Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif
• Menyusun kerangka paragraf argumentatif
• Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif
• Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif
• Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis teman 3

2
1

2


2 2

2
2

3


3 2

2
2

2


2 77.7

66.7
66.7

77.7


77.7
26 12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif
72
• Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
• Menyusun kerangka paragraf persuasif
• Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif
• Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif
• Menyunting paragraf persuasif yang ditulis teman 3

2
1

2


2 2

2
2

2


3 2

2
2

2


2 77.7

66.7
66.7

67.7


77.7
27 12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat 53
• Menentukan topik
• Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
• Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
• Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar
2
2


2

1 2
1


2

2 2
1


1

1 67.7
44.4


57.5

44.4
28 12.4 Menyusun teks pidato 61
• Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
• Menyunting teks pidato tulisan teman 1

2 2

2 2

2 57.5

67.7
29 13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman 65
• Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
• Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
• Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
• Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
• Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
2

2

3

2


1 2

2

2

2


2 2

1

2

2


2 66.7

57.5

77.7

66.7


57.7
30 13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman 66.7
• Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
• Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
• Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
• Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
• Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis 2

2

2

2


2 2

2

2

2


2 2

2

2

2


2 66.7

66.7

66.7

66.7


66.7

31 14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi 56
• Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
• Mendiskusikan maksud/ makna puisi 1

2 2

2 1

2 44.4

66.7
32 15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik 60
• Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu klasik
• Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
• Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf
• Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
• Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
2
2
2

2
2 2
2
2

2
2 1
1
1

2
2 55.7
55.7
55.7

66.7
66.7
33 16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar 63
• Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek
• Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
• Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. 2

2

1 2

2

2 2

2

2 66.7

66.7

55.7
34 16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar 59
• Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek
• Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku, peristiwa, latar
• Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
2


1

1 2


2

2 2


2

2 66.7


55.7

55.7
Mengetahui Subang, Juli 2008
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Tata Itang Sulaeman Yayah Marlina, S.Pd
NIP 130932219











Contoh penetapan KKM

Untuk memudahkan analisis setiap indikator, perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh guru mata pelajaran. Contoh:

Aspek yang dianalisis Kriteria dan Skala Penilaian
Kompleksitas Tinggi
< 65 Sedang
65-79 Rendah
80-100
Daya Dukung Tinggi
80-100 Sedang
65-79 Rendah
<65
Intake siswa Tinggi
80-100 Sedang
65-79 Rendah
<65

Atau dengan menggunakan poin/skor pada setiap kriteria yang ditetapkan.

Aspek yang dianalisis Kriteria penskoran
Kompleksitas Tinggi
1 Sedang
2 Rendah
3
Daya Dukung Tinggi
3 Sedang
2 Rendah
1
Intake siswa Tinggi
3 Sedang
2 Rendah
1

Jika indikator memiliki kriteria kompleksitas tinggi, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang, maka nilai KKM-nya adalah:
1 + 3 + 2
 x 100 = 66,7
9

Tidak ada komentar: